Cara Membuat Kue Kering

Nov 08, 12 Cara Membuat Kue Kering

Sebelum kamu mulai jalan-jalan di web ini mencari resep kue kering yang pas, sebaiknya tahu dulu cara membuat kue kering yang baik itu gimana.

Tepung Terigu

Tepung terigu yang dipergunakan untuk membuat kue kering sebaiknya dipilih tepung terigu berprotein (bergluten) rendah. Di pasaran dikenal sebagai tepung terigu cap Kunci. Tepung jenis ini cocok untuk membuat semua jenis kue kering. Hasilnya kue kering akanĀ  kering, renyah dan ‘larut’ di mulut. Biasanya juga diperkaya denga zat besi.

Sebelum menggunakan tepung terigu, cokelat bubuk atau tepung maizena untuk bahan kue kering sebaiknya diayak dulu dengan mengguakan saringan khusus. Tujuannya adalah supaya bagian-bagian yang menggumpal bisa terurai dan kotoran yang tercapur dalam tepung terigu tersebut bisa dipisahkan. Hasilnya, ketika mencampur tepung dengan bahan lain adonan tepung bisa dengan mudah tercampur rata.

Penggunana tepung terigu yang terlalu banyak akan membuat kue kering menjadi kering dan keras. Dan jika terlalu sedikit akan membuat kue kering terlalu lunak sehingga akan melebar saat dipanggang dan akan kehilanga bentuknya.

Mentega atau Butter

Hasil yang di dapat dengan menggunakan mentega dan shortening akan berbeda.

Mentega berasal dari lemak hewani dan memiliki kadar lemak hingga 90%. Efek pemakaian mentega adalah sebagai berikut:

  1. Adonan jadi lebih lembek dan mudah meluber saat dipanggang dalam oven
  2. Kue kering terasa lebih renyah
  3. Kue kering memiliki aroma yang lebih harum, khas mentega.

Margarin

Adalah lemak nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit yang telah di-hydrogenated. Memiliki kadar lemak berkisar 80% – 85%. Margarin cukup disimpan dalam suhu ruangan dan ditutup dengan plastik untuk menghindari kontaminasi bau-bauan lain.

Efek pemakaian margarin pada kue kering adalah:

  1. Adonan jadi lebih kokoh dan tidak mudah meluber saat dipanggang dalam oven
  2. Aroma kue kering tidak seharum dibandingkan dengan aroma kue kering yang menggunakan mentega.

Shortening

Adalah lemak nabati yang berasal dari minyak kelapa sawit yang memiliki kadar lemak 100%. Dikenal juga dengan nama mentega putih. Seperti margarin, shortening cukup disimpan dalam suhu ruangan dan ditutup dengan plastik.

Efek pemakaian shortening pada kue kering:

  1. Adonan tidak meluber saat dipanggang.
  2. Hasil jadi kue menjadi lebih kering, renyah dan tidak mudah hancur.
  3. Tidak memiliki aroma.

Pemanis

Pemanis tidak hanya berfungsi sebagai pemberi rasa manis tetapi juga sekaligus berfungsi sebagai pemberi wrna dan aroma apda kue kering. Jenis pemanis yang biasa digunakan untuk kue kering adalah:

  1. Gula Palem – gula yang dibuat dari getah pohon aren. Berbenntuk seperti gula pasir. Berwarna cokelat dan memiliki aroma yang khas.
  2. Gula Pasir – gula yang berasal dari tebu. Butirannya ada yang halus dan ada yang besar

Bahan Pengembang

Baking Soda – karena baking soda mengandung alkaline, maka penambahan baking soda harus didampingi bahan lain yang bersifat asam seperti susu, gula merah, jus lemon atau cokelat. Jika kita menggunaan cokelat bubuk, penambahan baking soda tidak hanya sebagia penetral dari asam yang dihasilkan cokelat bubuk tapi juga membantu menghasilkan warna yang lebih baik pada saat pemanggangan.

Baking Powder – adalah bahan pengembang yang terdiri dari baking soda dan tambahan bahan yang bersifat asam. Jadi kita tidak perlu menambahkan bahan lain yang bersifat asam ke dalam adonan kue kering. Hasil kue kering mejadi lebih mudah mengembang, cepat matang dan memiliki warna yang cantik.

Telur

Telur menambah kelembaban dan meningkatkan kekuatan struktur kue kering. Tapi penggunaan telur yang berlebih akan menyebabkan kue kering mudah remuk.

Cairan

Penambahan cairan seperti jus buah, cream, susu cair dan air akan menyebabkan kue kering menjadi renya. Tetapi jika terlalu banyak akan menyebabkan kue kering mudah meluber dan penampilannya menjadi kurang bagus.

Penggunaan Oven

da hal penting yang juga perlu mendapat perhatian saat kamu membuat kue kering. Yaitu sebelum Anda menimbang bahan-bahan yang akan dipergunakan untuk membuat kue kering, sebaiknya oven dinyalakan dulu dengan posisi panas sedang 170Oc.

Ketika Anda selesai menimbang dan mengerjakan langkah-langkah pembuatan kue, oven sudah cukup panas dan kue yang akan dipanggang bisa langsung dimasukkan. Adonan kue pun bisa langsung terkena panas oven sehingga hasilnya akan prima.

Selain itu untuk memanggang kue kering sebaiknya gunakan loyang datar. Alasi loyang dengan kertas roti atau kerta minyak. Kemudian olesi kertas tersebut dengan margarin secara merata menggunakan kuas khusus. Setelah itu atur adonan yang sudah dicetak di atas kertas. Kue akan mudah diangkat dan tidak melekat pada kertas jika sudah matang.

Nah, kira-kira begitu cara membuat kue kering yang benar. Mudah-mudahan acara membuat kue keringmu sukses ya!

 

» macam kue » adonan kue kering » cara membuat adonan kue kering
Tidak ditemukan.

Comments Closed

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN
Protected by Copyscape Plagiarism Checker